Berita

Puring, Bentuk Karkter Cinta Lingkungan

Puring (Pelajar Unggul Ramah Lingkungan) SMPN 4 Surabaya mempunyai banyak kegiatan yang bermanfaat untuk membentuk karakter cinta lingkungan sekaligus jiwa wirausaha.

Salah satu kegiatan mereka adalah memilah sampah. Setiap hari, dari masing-masing kelas, sampah dikumpulkan di bank sampah. Ada sampah kertas putih, kardus, koran, dan duplek. Selanjutnya siswa yang tergabung dalam Puring memilah sampah yang ada di bank sampah seminggu sekali. Setelah terkumpul, sebulan sekali sampah tersebut di jual ke pengepul sampah.

Selasa (9/1) sekitar pukul 9 pagi terlihat kesibukan di bank sampah. Beberapa anggota Puring dan pengurus OSIS sibuk menimbang sampah untuk di jual ke pengepul. M. Naufal kelas 8E, selaku pengurus OSIS menyatakan kegembiraannya bisa ikut berperan dalam mengelola sampah di sekolah. Tsania kelas 7G, selaku anggota Puring bersama dengan teman-temannya ikut menghitung hasil penjualan sampah. “ Alhamdulillah, saya bisa ikut berperan menjaga kebersihan di sekolah.

Hari ini kita mendapat hasil penjualan yang lumayan.” ujarnya. Musrifajatun, selaku guru pembina bank sampah menyatakan bahwa hasil penjulan sampah akan digunakan untuk mendukung kegiatan-kegiatan siswa. “Semoga dengan kegiatan memilah sampah ini para siswa menjadi kader lingkungan yang hebat di masa depan” katanya.