NEWS

Gesamputik, Puringisasi Dan Hospital Canteen Ala SMPN 4


Surabaya- Sudah banyak program lingkungan yang telah dijalankan oleh Tim Lingkungan SMP Negeri 4 Surabaya. Diantara program yang telah berjalan adalah Puringisasi (penanaman jenis tanaman puring) dan Gesamputik (Gerakan Ambil Sampah Tiga Puluh Detik). Namun hal itu tidak lantas membuat mereka puas diri.

Melalui pembinaan Surabaya Eco School Tunas Hijau dan pemerintah kota Surabaya di sekolah mereka dengan melibatkan Eco Mobile Coca-Cola, Senin (19/9), 50 siswa perwakilan kelas, pengurus OSIS dan tim lingkungan SMPN 4 ini diajak menyusun sekaligus menindaklanjuti program yang sudah ada di sekolah. Selain itu mereka juga akan membahas program lingkungan yang merupakan hasil dari workshop Surabaya Eco School di Graha Sawunggaling beberapa hari lalu.

Program-program seperti hospital of canteen atau kantin sehat dan pemilahan sampah atau mukjizat sampah di sekolah merupakan program baru yang akan mereka jalankan di sekolah. Dalam menciptakan kantin sehat, Mas Roro selaku guru pendamping siswa mengawali langkah dengan melakukan sosialisasi kepada penjaga kantin. Bahan sosialisasi adalah  larangan penggunaan plastik dan makanan yang mengandung bahan 5P (pengawet, pemanis, perasa, penyedap dan pemutih) buatan.

“Mulai besok seluruh penjaga kantin sudah tidak boleh menjual makanan yang mengandung 5P dan dilarang menggunakan plastik sebagai pembungkus. Sekolah sudah membuat surat perjanjian kerjasama dengan pihak kantin dan langsung mereka tanda tangani,” ujar Mas Roro, guru sekaligus wakil kepala SMPN 4 ini. Akibatnya terhitung mulai besok  siswa diminta untuk membawa botol minuman sendiri dari rumah.

Sementara itu, meskipun di lingkungan sekolah sudah terdapat tempat sampah terpilah diantaranya sampah kertas, daun dan plastik. Bukan jaminan kalau sekolah sudah menerapkan pemilahan sampah. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh ketua Tim Lingkungan SMPN 4 Rafika yang mengomentari foto pemilahan sampah yang belum berjalan di sekolahnya.

“Kami dulu sudah pernah melakukan sosialisasi tentang pemilahan sampah kepada setiap kelas. Dan program tersebut hanya berjalan selama 4 bulan saja, tapi sekarang kondisinya kembali seperti awal lagi saat saya masih kelas 7,” kata Rafika, siswa yang juga ketua OSIS SMPN 4 ini. Cara berbeda pun mereka lakukan untuk menyosialisasikan lagi pemilahan sampah. Pementasan panggung boneka menjadi media yang akan mereka bawa untuk menyosialisaikan pemilahan sampah di tiap-tiap kelas.

Tidak hanya menggunakan panggung boneka saja, tetapi  pertunjukan budaya yang bertema isu lokal di Surabaya juga akan mereka lakukan setiap Jumat. “Melalui pertunjukan ini kami berharap agar setiap kelas mengeluarkan ide kreatifnya dalam menyikapi isu lokal lingkungan hidup di Surabaya. Sehingga teman-teman yang lain semakin mengetahui kondisi lingkungan terkini di kota Surabaya, terlebih daerah di sekitar sekolah.

Di lain pihak, Roro yang secara tidak langsung ikut mendampingi mereka dalam menjalankan program lingkungan yang lama maupun baru akan membantu mereka dalam upaya realisasi program tersebut. “Saya akan coba untuk fasilitasi mereka, karena lingkungan sekolah ini merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab mereka-mereka ini (para siswa),” tungkas guru pendamping ini sambil berdiskusi dengan perwakilan siswa yang menyampaikan program mereka. (rian)

Sumber : http://surabayaecoschool.tunashijau.org/2011/09/gesamputik-puringisasi-dan-hospital-canteen-ala-smpn-4/

-





Content

Selamat datang di website resmi Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Surabaya yang berlokasi di Jl. Tanjung Anom No.12 Surabaya, website ini merupakan media komunikasi dan publikasi yang memberikan informasi singkat mengenai sekolahan. SMP Negeri 4 Surabaya' merupakan salah satu sekolah favorit di Surabaya.

Profile SMP Negeri 4 Surabaya menyangkup Sejarah perkembangan sekolah dari gedung pertama yang dibangun sejak tahun 1890 maka sekolah ini merupakan bangunan Cagar Budaya, selain sejarah juga informasi mengenai sekolah, Visi & Misi Sekolah, Motto, Mars SMP Negeri 4 dll.

Sekolah sebagai Wawasan Wiyata Mandala, pelaksanaannya merupakan tanggung jawab Kepala Sekolah, guru, karyawan, siswa dan warga sekolah lainnya. Kegiatan siswa di sekolah baik intra kurikuler dan ekstra kurikuler, merupakan kegiatan terpadu dengan kegiatan - kegiatan lain untuk menunjang tujuan pendidikan di sekolah.

Berbagai informasi berkaitan dengan pencapaian prestasi sekolah dari Adiwiyata, Lomba Perpustakaan, Surabaya Eco School, dll yang membangkitkan semangat siswa siswi dan guru pengajar dalam proses belajar mengajar. Pencapaian prestasi yang luar biasa dan harus terus ditingkatkan.

Berbagai fasilitas sarana & prasarana yang mendukung proses pembelajaran dalam mempermudah di setiap kegiatan.

Informasi berkaitan dengan pembendaharaan di setiap kegiatan akademik di sekolah

Informasi kegiatan Humas untuk memperluas dan mempererat hubungan internal maupun eksternal.

Gallery

Portfolio Item 2

Duis nec urna

Creative
Portfolio Item 3

Etiam magna

Design

About Us

SMP Negeri 4 Surabaya

Merupakan salah satu sekolah favorit di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Sekolah ini berada di jalan Tanjung Anom 12 Surabaya termasuk wilayah Kecamatan Genteng, kotamadya Surabaya, selain itu sekolah ini juga berada di kawasan pusat Surabaya bersama SMP Negeri 3 Surabaya.

SEJARAH


Sesuai riwayatnya, SMP Negeri 3 dan 4 adalah lembaga pendidikan setingkat SMP yang tertua sekaligus pertama di indonesia wilayah timur. Hal ini cukup beralasan karena pada zaman kolonial belanda sampai dengan tahun 1941 gedung yang terletak di jalan Praban no.3 dan Tanjung Anom no 12 (Berada dibelakang jalan Praban) ini adalah gedung M.U.L.O (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs) yang dibangun pada tahun 1890. Tidak hanya digunakan untuk M.U.L.O gedung ini juga pernah digunakan markas "gakkutotai" dai san chuutai pada zaman jepang serta digunakan untuk markas BKR pelajar-rayon praban, markas TKR pelajar-staf III.

Struktur bangunan SMP NEGERI 4 Surabaya sampai saat ini sebagian masih mempertahankan struktur aslinya, yaitu struktur bangunan Belanda. Bangunan yang masih berstruktur aslinya yaitu antara kelas 9 A - 9 G. Dengan adanya Struktur bangunan BELANDA yang masih ada di SMP NEGERI 4 Surabaya ini, maka sekolah ini termasuk bangunan CAGAR BUDAYA. SMP NEGERI 4 Surabaya juga memiliki lagu yang khusus diciptakan untuk SMP NEGERI 4 Surabaya, yang berjudul MARS SMP 4. SMP NEGERI 4 Surabaya juga telah berhasil menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat Surabaya, bahkan saat ini SMP NEGERI 4 SURABAYA akan mewakili Surabaya untuk progam ADIWIYATA tingkat NASIONAL.

Our location





Flag Counter