NEWS

SMPN 4 SURABAYA mewakili Surabaya dalam kegiatan ADIWIYATA tingkat propinsi


SURABAYA - Program Adiwiyata kembali digelar. Tahun ini, 10 sekolah berhasil masuk ke tahap penilaian tingkat propinsi. Ke 10 sekolah tersebut antara lain SD SAIM, SD Islam Yamassa, SDN Kandangan II, SDN Babat Jerawat I, SMPN 28, SMPN 4, SMPN 26, SMPN 30, SMA Trimurti dan SMK Mater Amabilis.

Penilaian dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan Propinsi Jatimr dan LSM, Selasa (3/4) serentak di 10 sekolah. Adapun poin penilaian yakni kebijakan, kurikulum sekolah, fasilitas dan sarana dan partisipasi dari warga sekolah. Tahun ini keempat poin tersebut memiliki bobot yang sama dibandingkan tahun sebelumnya.

Saat tim juri berkunjung ke SMPN 4 Surabaya, sekolah ini menampilan empat inovasi yakni wall garden, mukjizat sampah, eco enterprenuenship, kantin zero plastic dan pengobatan herbal pada UKS. Wall garden yang dimaksud adalah menghiasi setiap dinding-dinding yang ada di SMPN 4 dengan berbagai macam tanaman yang ditanam disebatang bambu.

Sofia Nurbaya, Kepala Sekolah SMPN 4 Surabaya menjelaskan agar sekolah tampak lebih hijau dan rindang. Penghijauan tidak hanya dilakukan dengan menanam tanaman di pot-pot atau dihalaman. Tetapi juga dilakukan di dinding-dinding yakni dengan memanfaatkan bambu sebagai media tanam, yang sebelumnya telah dibelah dan kedua ujungnya diikat menggunakan kawat sebagai pengait untuk ditempelkan di dinding.

Sofia menyadari betul keterbatasan lahan yang dimiliki SMPN 4. Namun ia terus memberikan motivasi kepada anak didiknya untuk tetap mengedepankan kegiatan yang berwawasan lingkungan. Selain belajar tentang lingkungan, siswa siswi di SMPN 4 juga diajarkan tentang eco enterprenuenship. Salah satu bentuk kegiatannya yakni pembudidayaan ikan lele, katanya. Lele


yang dihasilkan juga dapat diolah secara maksimal. Olahan lele tersebut antara lain bakso, nuget, botok yang bahan utama berasal dari ikan lele dan hasil dari olahan tersebut dijual di kantin sekolah.ov

Sumber : http://www.surabayapagi.com


-





Content

Selamat datang di website resmi Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Surabaya yang berlokasi di Jl. Tanjung Anom No.12 Surabaya, website ini merupakan media komunikasi dan publikasi yang memberikan informasi singkat mengenai sekolahan. SMP Negeri 4 Surabaya' merupakan salah satu sekolah favorit di Surabaya.

Profile SMP Negeri 4 Surabaya menyangkup Sejarah perkembangan sekolah dari gedung pertama yang dibangun sejak tahun 1890 maka sekolah ini merupakan bangunan Cagar Budaya, selain sejarah juga informasi mengenai sekolah, Visi & Misi Sekolah, Motto, Mars SMP Negeri 4 dll.

Sekolah sebagai Wawasan Wiyata Mandala, pelaksanaannya merupakan tanggung jawab Kepala Sekolah, guru, karyawan, siswa dan warga sekolah lainnya. Kegiatan siswa di sekolah baik intra kurikuler dan ekstra kurikuler, merupakan kegiatan terpadu dengan kegiatan - kegiatan lain untuk menunjang tujuan pendidikan di sekolah.

Berbagai informasi berkaitan dengan pencapaian prestasi sekolah dari Adiwiyata, Lomba Perpustakaan, Surabaya Eco School, dll yang membangkitkan semangat siswa siswi dan guru pengajar dalam proses belajar mengajar. Pencapaian prestasi yang luar biasa dan harus terus ditingkatkan.

Berbagai fasilitas sarana & prasarana yang mendukung proses pembelajaran dalam mempermudah di setiap kegiatan.

Informasi berkaitan dengan pembendaharaan di setiap kegiatan akademik di sekolah

Informasi kegiatan Humas untuk memperluas dan mempererat hubungan internal maupun eksternal.

Gallery

Portfolio Item 2

Duis nec urna

Creative
Portfolio Item 3

Etiam magna

Design

About Us

SMP Negeri 4 Surabaya

Merupakan salah satu sekolah favorit di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Sekolah ini berada di jalan Tanjung Anom 12 Surabaya termasuk wilayah Kecamatan Genteng, kotamadya Surabaya, selain itu sekolah ini juga berada di kawasan pusat Surabaya bersama SMP Negeri 3 Surabaya.

SEJARAH


Sesuai riwayatnya, SMP Negeri 3 dan 4 adalah lembaga pendidikan setingkat SMP yang tertua sekaligus pertama di indonesia wilayah timur. Hal ini cukup beralasan karena pada zaman kolonial belanda sampai dengan tahun 1941 gedung yang terletak di jalan Praban no.3 dan Tanjung Anom no 12 (Berada dibelakang jalan Praban) ini adalah gedung M.U.L.O (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs) yang dibangun pada tahun 1890. Tidak hanya digunakan untuk M.U.L.O gedung ini juga pernah digunakan markas "gakkutotai" dai san chuutai pada zaman jepang serta digunakan untuk markas BKR pelajar-rayon praban, markas TKR pelajar-staf III.

Struktur bangunan SMP NEGERI 4 Surabaya sampai saat ini sebagian masih mempertahankan struktur aslinya, yaitu struktur bangunan Belanda. Bangunan yang masih berstruktur aslinya yaitu antara kelas 9 A - 9 G. Dengan adanya Struktur bangunan BELANDA yang masih ada di SMP NEGERI 4 Surabaya ini, maka sekolah ini termasuk bangunan CAGAR BUDAYA. SMP NEGERI 4 Surabaya juga memiliki lagu yang khusus diciptakan untuk SMP NEGERI 4 Surabaya, yang berjudul MARS SMP 4. SMP NEGERI 4 Surabaya juga telah berhasil menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat Surabaya, bahkan saat ini SMP NEGERI 4 SURABAYA akan mewakili Surabaya untuk progam ADIWIYATA tingkat NASIONAL.

Our location





Flag Counter