NEWS

Reunian Ala Ikan Sepat '82


Reuni sekolah identik dengan sekadar ketemuan lalu kembali menghilang. Sepertinya itu tidak berlaku dengan para alumni SMP Negeri 4 Surabaya lulusan 1982.

Para lulusan yang tergabung dalam Paguyuban IkanSepat '82 (Ikatan Alumni SMP 4 lulusan 1982) itu melanjutkan reuni dengan berbagai kegiatan sosial.

Termasuk aksi sosial kali ini yaitu penaburan benih ikan. Sekitar 20.000 benih ikan yang mereka tebar di sungai Ketabang Kali tepat di belakang Gedung Grahadi, Surabaya, Minggu.

Selain ikan berukuran 2 sentimeter, ada sejumlah ikan yang sudah besar. Antara lain ikan tombro dan mujair. Ikan-ikan itu dikemas dalam kantong-kantong plastik kecil sebelum ditebarkan ke kali.

Setelah itu, kantong-kantongnya dimusnahkan agar tidak menimbulkan sampah.

Dalam acara itu, sekitar 30 alumnus dan puluhan siswa SMP 4 Surabaya antusias mengikutinya. Selain bermaksud ikut menjaga ekosistem sungai di Surabaya, kegiatan ini juga menjadi sarana penghubung generasi yang terpisah sekitar tiga dasa warsa.

“Selain menjadi ajang guyub antara para alumni dan para siswa aktif, ini adalah bagian dari aksi sosial kami yang bertema lingkungan. Tebar benih ini memelihara, dan menambah, sumber daya alam di kali besar yang melintas di tengah kota Surabaya,” kata Teguh Wahyu Utomo sekertaris Paguyuban IkanSepat '82, saat ditemui centroone.com di lokasi.

Benih ikan nila dan tombro dipilih karena ketahananya untuk hidup dalam berbagai lingkungan yang keras. Sementara ikan nila juga tidak memiliki batasan toleransi terhadap berbagai kondisi lingkungan perairan.

"Ikan nila yang masih berukuran kecil pada umumnya lebih tahan terhadap perubahan lingkungan, dibandingkan dengan ikan nila yang berukuran besar," terangnya.

Selain itu, ikan nila juga bermanfaat bagi lingkungan hidup manusia. Jenis ikan yang sudah diternakkan sejak era Mesir kuno di Sungai Nil ini jenis pemakan segala (omnivora).

Selain memakan plankton, ikan nila juga pemakan aneka tumbuhan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pengendali gulma air.Yang tak kalah penting, ikan nila bisa menjadi pengendali nyamuk secara alamiah.

Sebelumnya, pada 5 Juni lalu, seiring dengan hari lingkungan hidup dan lari laut internasional, IkanSepat '82 juga berpatisipasi dalam bersih-bersih pantai Kenjeran. (man)

Sumber : http://www.centroone.com/news/2011/06/02r/reunian-ala-ikan-sepat-82/

-





Content

Selamat datang di website resmi Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Surabaya yang berlokasi di Jl. Tanjung Anom No.12 Surabaya, website ini merupakan media komunikasi dan publikasi yang memberikan informasi singkat mengenai sekolahan. SMP Negeri 4 Surabaya' merupakan salah satu sekolah favorit di Surabaya.

Profile SMP Negeri 4 Surabaya menyangkup Sejarah perkembangan sekolah dari gedung pertama yang dibangun sejak tahun 1890 maka sekolah ini merupakan bangunan Cagar Budaya, selain sejarah juga informasi mengenai sekolah, Visi & Misi Sekolah, Motto, Mars SMP Negeri 4 dll.

Sekolah sebagai Wawasan Wiyata Mandala, pelaksanaannya merupakan tanggung jawab Kepala Sekolah, guru, karyawan, siswa dan warga sekolah lainnya. Kegiatan siswa di sekolah baik intra kurikuler dan ekstra kurikuler, merupakan kegiatan terpadu dengan kegiatan - kegiatan lain untuk menunjang tujuan pendidikan di sekolah.

Berbagai informasi berkaitan dengan pencapaian prestasi sekolah dari Adiwiyata, Lomba Perpustakaan, Surabaya Eco School, dll yang membangkitkan semangat siswa siswi dan guru pengajar dalam proses belajar mengajar. Pencapaian prestasi yang luar biasa dan harus terus ditingkatkan.

Berbagai fasilitas sarana & prasarana yang mendukung proses pembelajaran dalam mempermudah di setiap kegiatan.

Informasi berkaitan dengan pembendaharaan di setiap kegiatan akademik di sekolah

Informasi kegiatan Humas untuk memperluas dan mempererat hubungan internal maupun eksternal.

Gallery

Portfolio Item 2

Duis nec urna

Creative
Portfolio Item 3

Etiam magna

Design

About Us

SMP Negeri 4 Surabaya

Merupakan salah satu sekolah favorit di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Sekolah ini berada di jalan Tanjung Anom 12 Surabaya termasuk wilayah Kecamatan Genteng, kotamadya Surabaya, selain itu sekolah ini juga berada di kawasan pusat Surabaya bersama SMP Negeri 3 Surabaya.

SEJARAH


Sesuai riwayatnya, SMP Negeri 3 dan 4 adalah lembaga pendidikan setingkat SMP yang tertua sekaligus pertama di indonesia wilayah timur. Hal ini cukup beralasan karena pada zaman kolonial belanda sampai dengan tahun 1941 gedung yang terletak di jalan Praban no.3 dan Tanjung Anom no 12 (Berada dibelakang jalan Praban) ini adalah gedung M.U.L.O (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs) yang dibangun pada tahun 1890. Tidak hanya digunakan untuk M.U.L.O gedung ini juga pernah digunakan markas "gakkutotai" dai san chuutai pada zaman jepang serta digunakan untuk markas BKR pelajar-rayon praban, markas TKR pelajar-staf III.

Struktur bangunan SMP NEGERI 4 Surabaya sampai saat ini sebagian masih mempertahankan struktur aslinya, yaitu struktur bangunan Belanda. Bangunan yang masih berstruktur aslinya yaitu antara kelas 9 A - 9 G. Dengan adanya Struktur bangunan BELANDA yang masih ada di SMP NEGERI 4 Surabaya ini, maka sekolah ini termasuk bangunan CAGAR BUDAYA. SMP NEGERI 4 Surabaya juga memiliki lagu yang khusus diciptakan untuk SMP NEGERI 4 Surabaya, yang berjudul MARS SMP 4. SMP NEGERI 4 Surabaya juga telah berhasil menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat Surabaya, bahkan saat ini SMP NEGERI 4 SURABAYA akan mewakili Surabaya untuk progam ADIWIYATA tingkat NASIONAL.

Our location





Flag Counter